Powder coating, cat bubuk berteknologi melting

Selama ini, cat basah lebih dikenal dan mendominasi pasar cat di dunia. Namun, ada juga jenis cat lain yang berupa cat bubuk atau powder coating yang justru lebih bagus. Nah, di artikel kali ini, kami akan mengajak Anda mengenal apa itu powder coating, cat bubuk dengan teknologi melting.

Apa itu powder coating?

Pertama-tama, Anda perlu mengetahui apa yang dimaksud dengan cat unik ini. Powder coating adalah teknik pengaplikasian warna menggunakan cat bubuk yang dipanaskan dalam mesin bersuhu tinggi. Sebagai hasilnya, lapisan warna dapat meresap hingga ke pori-pori permukaan benda.

Sejarah cat bubuk ini berawal sekitar awal tahun 1950-an di Eropa. Seiring perkembangan zaman dan teknologi, dari waktu ke waktu cat ini makin disukai. Dikarenakan powder coating mampu memberikan hasil akhir dengan warna yang terlihat lebih hidup dan tidak mudah pudar. Berkat kualitasnya tersebut, produsen-produsen motor ternama di Eropa, seperti Harley Davidson, Ducati, Triumph, dan lainnya sudah mengandalkan powder coating. Cat bubuk ini dipercaya sebagai pelapis komponen-komponen kendaraan bermotor dari merek populer tersebut.

Bagaimana proses pengaplikasiannya?

powder coating

Segala benda yang akan diwarnai wajib melalui beberapa treatment kimia terlebih dahulu sebelum dilapisi cat bubuk. Treatment kimia ini berfungsi untuk membersihkan kotoran, minyak, dan karat. Pada tahap treatment kimia ini juga diberikan lapisan awal sebelum dilakukan pewarnaan agar serbuk warna dapat menempel dengan kuat.

Benda yang sudah dilapisi powder kemudian dimasukkan ke dalam sebuah oven besar dan dipanaskan hingga 200 derajat celcius. Proses melting ini membuat serbuk cat akan melekat sempurna hingga ke pori-pori permukaan benda. Alhasil, produk dengan warna pekat dan ketahanan yang tinggi pun akan diperoleh. 

Benda apa saja yang bisa di-coating?

powder coating

Mungkin Anda masih bingung dan bertanya-tanya, sebenarnya benda apa saja yang bisa dilapisi dengan cat bubuk ini. Pengecatan dengan cat powder dapat digunakan untuk segala benda atau komponen yang terbuat dari bahan metal. Di antaranya termasuk besi, baja, alloy, tembaga, kuningan, dan lain-lain.

Mengapa hanya bisa digunakan di benda metal? Dikarenakan pewarnaan dengan cat jenis ini harus dipanaskan dalam suhu tinggi agar powder dapat melting merata. Selain itu, proses curing ini juga membuat cat mampu meresap ke permukaan benda hingga menyeluruh. Meski demikian, di luar negeri sudah ada teknologi cat bubuk yang bisa diaplikasikan pada papan MDF (Medium Density Fiberboard). Powder coating ini memiliki formula yang bisa melting dalam suhu yang tidak terlalu tinggi sehingga tidak akan merusak permukaan papan MDF tersebut. 

Share:

Artikel Lainnya:

hari kartini
Uncategorized
UTS

Selamat Memperingati Hari Kartini

Segenap jajaran managemen dan karyawan PT. Untung Terus Sejahtera mengucapkan : Selamat memperingati Hari Kartini. Hidup penuh warna jika kita bersedia memahami dan menerima perbedaan.–

Read More »
Idul FItri PT UTS
Uncategorized
UTS

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H

Segenap jajaran managemen dan karyawan PT. Untung Terus Sejahtera mengucapkan : Selamat hari raya Idul FItri 1445 Hijriah. Semoga rahmat dan pimpinan Allah selalu memberi

Read More »
hari raya nyepi by PT UTS
Uncategorized
UTS

Selamat Memperingati Hari Raya Nyepi

Segenap management dan karyawan PT. Untung Terus Sejahtera mengucapkan :Selamat memperingati hari raya Nyepi, tahun baru Saka 1946. Bali Day of Silence.  “Dalam diammu, tersembunyi

Read More »